Buka konten ini
JAKARTA (BP) – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membantu memberdayakan UMKM binaan untuk mengikuti ajang FHA-Food & Beverage 2025 yang berlangsung di Singapura pada 8 hingga 11 April 2025. Dalam pameran tersebut, UMKM Indonesia menampilkan produk-produk mereka di Paviliun Indonesia.
Langkah ini merupakan bagian dari komitmen nyata BRI memberdayakan UMKM, salah satu-nya melalui akses pasar internasional,’’ ujar General Mana-ger Kantor Cabang Luar Negeri BRI Singapura Dhanny dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (15/4) dikutip dari Antara.
Paviliun Indonesia mencatatkan capaian positif dengan lebih dari 5.714 pengunjung, serta membukukan 7 kontrak ekspor senilai 32,2 juta dolar AS atau sekitar Rp542 miliar, meliputi produk kakao, cokelat, madu, bumbu organik, dan aneka produk makanan dan minuman lainnya.
Di samping itu, terdapat potensi transaksi lanjutan yang diperkirakan mencapai 11,5 juta dolar AS atau hampir Rp194 miliar. Paviliun Indonesia secara resmi dibuka oleh Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo bersama perwakilan dari Bank Indonesia (BI) dan BRI, serta dihadiri oleh CEO Informa Markets selaku penyelenggara FHA 2025.
Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyoroti kolaborasi lintas sektor sebagai kunci penguatan posisi produk Indonesia di pasar global.
Partisipasi Indonesia pada Pameran FHA tahun 2025 ini merupakan kolaborasi yang membanggakan antara peme-rintah, perbankan BUMN, Bank Indonesia hingga swasta, menggarisbawahi pentingnya upaya kolaboratif dalam mempromosikan ekspor produk Indonesia, ujarnya.
Sebanyak 20 UMKM binaan BRI turut ambil bagian dalam Paviliun Indonesia untuk memperkenalkan produk unggulan ke pasar internasional.
Di antaranya adalah Havilla Tea yang menawarkan teh herbal premium, Restu Mande dengan produk bumbu masak instan berbasis resep tradisional, BeeMa Honey yang menghadirkan madu mentah tanpa tambahan bahan lain, serta Casa Grata yang memproduksi camilan sehat bebas gluten dan vegan.
Keikutsertaan mereka mencerminkan kesiapan UMKM binaan BRI dalam menembus pasar ekspor melalui peningkatan kualitas dan daya saing produk.
Lebih lanjut, General Mana-ger Kantor Cabang Luar Nege-ri BRI Singapura Dhanny meng-ungkapkan salah satu wujud nyata pendampingan yang dilakukan BRI adalah bahwa 20 pengusaha UMKM yang difasilitasi BRI pada pameran tersebut merupakan peserta BRI UMKM EXPO(RT) yang telah digelar pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025.
”Hal ini merupakan upaya nyata dukungan yang berjenjang dan berkelanjutan dari BRI untuk memajukan UMKM,” ujarnya. (*)
Reporter : JP Group
Editor : gustia benny