Buka konten ini
JAKARTA (BP) – Industri pop culture Indonesia semakin melebarkan sayap ke segala penjuru bidang. Produk-produk lokal mulai percaya diri atau eksis untuk menunjukkan taringnya beberapa tahun terakhir. Salah satunya, produk sepatu yang kini semakin diincar masyakakat.
Kualitas unggul dengan harga terjangkau membuat masyarakat semakin menggilainya, terutama kawula muda. Seruan bangga mengenakan produk dalam negeri atau istilah local pride pun semakin mengudara dari tahun ke tahun.
Bahkan, sudah mulai dilirik industri fashion luar negeri seperti Kanky. Hal itu jelas menjadi kebanggaan yang patut diapresiasi. Sebab, tidak cuma desain maupun pekerja pabrik yang memang mempekerjakan orang-orang lokal. Namun, hampir seluruh bahan baku Kanky juga didapat dari dalam negeri.
”Keadaannya memang positif banget sekarang. Kami melihat brand lokal Indonesia yang ada di Singapura itu sangat di-appreciate,” kata Head of Marketing Kanky Andrew Stefanus di Jakarta Sneakers Day (JSD) 2025.
Dia menuturkan bahwa produknya sudah mulai menjajaki pasar luar negeri, khususnya Singapura sejak dua tahun terakhir. Yakni, ketika Kanky mengenalkan salah satu koleksi kolaborasinya dengan Mark Ong Sbtg alias Mr Sabotage.
”Dan itu booming banget. Kami akan selalu melakukan movement. Dulu Kanky nggak punya modal sebesar ini. Modalnya cuma keseriusan dan support teman-teman,” ujarnya.
Menggaet sejumlah kolabolator memang menjadi salah satu cara yang tepat untuk memikat daya tarik pembeli. Entah itu dengan anime, designer, hingga figur publik. Musisi sekaligus content kreator Adityalogy juga ikut turun tangan dengan fenomena itu.
Berkolaborasi dengan Kanky, dia pernah campur tangan mendesain secara langsung Kanky x Soboyow EXC-01 Eclipse pada tahun lalu. ”Waktu itu rilisan pertama sold out 2.500 pasang. Dan sekarang, spesial di JSD kami rilis lagi hanya 120 pasang,” ujar Adityalogy.
Rencananya, mereka bakal meluncurkan edisi terbaru bertajuk Kanky NXT pada Mei mendatang. Selain Adityalogy, Kanky juga menggandeng Rico Lubis dalam series basketball, dr Tirta pada athletic, Bryan dengan sportstyle, Isser White James untuk casual.
Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Ariotedjo mengatakan, standardisasi produk olahraga buatan Indonesia penting agar dapat bersaing dengan jenama internasional.
Pihaknya terus mendorong standardisasi internasional fasilitas dan peralatan olahraga produksi Indonesia. (*)
Reporter : JP Group
Editor : gustia benny