Buka konten ini
JAKARTA (BP) – Earnings call Garuda Indonesia Group yang diselenggarakan pada Rabu (21/5) diwarnai semangat optimisme setelah pendapatan perusahaan pelat merah itu pada kuartal 1 tahun 2025 tercatat naik 1,6 persen dibandingkan tahun lalu,.atau menjadi 723,56 juta dolar AS.
Dikutip RM.id (Batam Pos Group), pada kuartal pertama 2025, Garuda Indonesia juga tercatat mampu melayani total 5,12 juta penumpang termasuk dari Citilink. Torehan kenaikan pendapatan Garuda Indonesia itu diraih setelah burung besi tersebut fokus pada layanan umrah secara khusus.
Pada saat yang sama, segmen pesawat charter tumbuh signifikan sebanyak 93 persen. Indikator lain yang juga menunjukkan tren positif adalah tingkat keterisian (seat load factor) yang membaik 5 poin persentase atau menjadi 78,8 persen.
Hal lain adalah tingkat ketepatan waktu (on-time performance) yang mencapai 88,1 persen. Seluruh pembaikan performa ini berdampak positif pada kemampuan perusahaan menekan rugi bersih sebesar 12,5 persen, menjadi 75,9 juta dolar AS.
Dengan momentum positif ini, Garuda Indonesia optimistis proses transformasi yang sedang berjalan, termasuk optimalisasi kinerja dan penambahan armada, dapat tercapai sehingga Garuda bisa memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat, dan kembali menjadi maskapai kebanggaan bangsa.
Garuda Indonesia saat ini dipimpin Wamildan Tsani Pandjaitan, seorang pilot profesional yang juga alumni SMA Taruna Nusantara (Tarnus). Garuda Indonesia saat ini dihadapkan pada warisan utang peninggalan manajemen sebelumnya.
Dengan begitu, kenaikan pendapatan 1,6 persen dibandingkan tahun lalu adalah sebuah prestasi. Optimisme Garuda Indonesia bakal kembali berjaya juga mencuat saat BPI Danantara mengumumkan siap menyuntikkan dana besar, termasuk untuk membeli sejumlah pesawat Boeing, buatan Amerika Serikat (AS) untuk Garuda.
CEO BPI Danantara, Rosan P Roeslani, mengatakan ada rencana menyuntik dana besar untuk Garuda, bahkan sudah dilakukan diskusi di internal BPI Danantara untuk merealisasikan rencana tersebut.
Hanya saja, secara detail terkait penyuntikan modal itu seperti apa, belum bisa dipublikasikan. Demikian pula besaran dana yang bakal digelontorkan untuk menempatkan Garuda sebagai maskapai kebanggaan bangsa.(***)
Reporter : JP Group
Editor : Gustia Benny