Buka konten ini
JAKARTA (BP) – Lamborghini telah mencatat tahun tersuksesnya dengan penjualan 10.687 kendaraan pada 2024. Capaian ini lebih tinggi 6 persen dari rekor sebelumnya yang dibuat tahun sebelumnya.
Tonggak sejarah ini mengukuhkan posisi merek yang bermarkas di Sant’Agata, Bologna, Italia ini sebagai salah satu pemain dominan di dunia otomotif mewah.
Chairman dan CEO Automobili Lamborghini, Stephan Winkelmann, mengatakan, 2024 merupakan tahun pertumbuhan berkelanjutan bagi Automobili Lamborghini. Sejalan dengan tren positif dalam beberapa tahun terakhir.
“Menyoroti keberhasilan dalam menyeimbangkan penawaran dan permintaan secara strategis, bersama dengan portofolio pesanan yang terkalibrasi dengan baik, yang memperkuat daya tarik merek dan nilai sisa produk kami,” kata Stephan seperti dikutip dari Carscoops.
Inti dari keberhasilan ini adalah pertumbuhan global di seluruh pasar utama Lamborghini. Kawasan EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika) memimpin dengan 4.227 pengiriman, menandai peningkatan sebesar 6 persen.
Sementara itu, kawasan Amerika menyumbang 3.712 unit, peningkatan sebesar 7 persen. Dan kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Tiongkok, menyumbang 2.748 unit, tumbuh 3 persen dari tahun ke tahun.
Lamborghini tak mengungkap angka penjualan terperinci untuk setiap model. Tetapi dikabarkan bahwa Urus mempertahankan posisinya sebagai Lamborghini terlaris. Versi terbaru SUV tersebut adalah Urus SE plug-in hybrid, yang berfungsi sebagai pengganti trim S dan Performante. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa Urus yang dialiri listrik telah menerima respons positif langsung dalam skala global.
Selain itu, Lamborghini yang mencatat pertumbuhan terbesar pada 2024 adalah Revuelto. Supercar andalan dengan plug-in hybrid V12 ini memiliki portofolio pesanan yang diperpanjang hingga akhir tahun 2026.
Lamborghini tengah menjalani masa transisi dengan tiga peluncuran model baru dalam 18 bulan terakhir.
Setelah penghentian Huracan, merek Sant’Agata akan menjadi produsen mobil sport super pertama yang memiliki jajaran produk khusus PHEV sebagai bagian dari strategi “Direzione Cor Tauri”.
Chief Marketing and Sales Officer Lamborghini, Federico Foschini pun menyoroti dukungan jaringan global mereka yang mencakup 186 dealer di 56 pasar internasional. Foschini mengungkap bahwa merek tersebut tidak hanya menjadi pemimpin di segmen mobil sport super, tetapi juga menjadi batu ujian bagi masa depan mobil mewah. (*)
Reporter : fiska juanda
Editor : Mohammad TAHANG