Buka konten ini
KARIMUN (BP) – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berhasil memberikan layanan prima dan optimal kepada para penumpang selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 dengan berkomitmen untuk menghadirkan kenyamanan dan keselamatan penumpang.
Branch Manager SPMT Tanjungbalai Karimun, Yusrizal, mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi seluruh tim operasional di lapangan.
”Kami telah mempersiapkan infrastruktur, sistem dan personel sejak jauh hari untuk memastikan para penumpang dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman selama libur Nataru,” terangnya kepada Batam Pos, Kamis (16/1).
Selama periode libur Nataru 2024/2025, SPMT Branch Tanjungbalai Karimun telah mencatat trafik penumpang sebesar 161.195 orang yang tercatat dalam rentang waktu 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15). Angka ini belum termasuk dengan trafik di Terminal Penumpang Tanjung Harapan Pelabuhan Selat Panjang yang juga dikelola oleh SPMT Branch Tanjung Balai Karimun.
”Rute kapal dari Tanjungbalai Karimun melayani destinasi menuju Batam, Selat Panjang, Buton, Tanjungpinang, Tanjung Samak, Bengkalis, Dumai, Tanjung Batu, dan Tembilahan serta rute internasional menuju Malaysia (Kukup dan Johor) dan Singapura,’’ terangnya.
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Yusrizal menyebutkan, telah menerapkan langkah persiapan berupa penyiapan fasilitas operasional dan pendukung serta kesiapan dukungan teknologi. Selain itu, yang menjadi prioritas adalah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan serta instansi pemerintah dan stakeholder pelabuhan lainnya untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran aktivitas penumpang.
”Kelancaran layanan penumpang periode Nataru ini juga didukung adanya Posko Angkutan Nataru terpadu yang bekerja sama dengan berbagai stakeholder yang menjalankan fungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi dalam memantau kondisi kenyamanan dan keselamatan penumpang,’’ tambah Yusrizal.
Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt Supendi, menjelaskan, bahwa kesuksesan pelayanan penumpang periode Nataru ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari sejumlah stakeholder di lingkungan pelabuhan.
”Kami mengapresiasi kerja keras dari berbagai pihak yang turut mendukung kelancaran arus penumpang periode Nataru. Harapannya capaian tahun ini bisa menjadi bahan evaluasi pembelajaran untuk pelaksanaan di masa mendatang sehingga kualitas layanan penumpang transportasi laut bisa terus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” ungkapnya. (*)
Reporter : TRI HARYONO
Editor : IMAN WACHYUDI