Buka konten ini

BUKAN hanya segmen mobil penumpang yang mengalami penurunan dalam hal penjualan namun di segmen komersial terutama pada segmen truk. Meskipun penjualan secara keseluruhan masih tertekan dibandingkan tahun sebelumnya, namun menunjukkan tanda pemulihan.
Diantaranya merek seperti Mitsubishi Fuso dan Hino tetap menjadi pemain utama dengan pangsa pasar yang signifikan. Penjualan pikap menjadi andalan, dengan total penjualan kendaraan komersial pada Agustus 2025 menunjukkan pertumbuhan.
Dalam catatan secara nasional Mitsubishi Fuso masih menjadi pemimpin pasar terbesar diantara pabrikan kendaraan komersial selama periode Januari – September 2025. Khususnya dalam penjualan kendaraan dari dealer ke konsumen (penjualan ritel).
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan pada periode sembilan bulan pertama atau di tiga kuartal pertama 2025, truk Mitsubishi Fuso yang dipasarkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) mampu menjual unit ke konsumen sebanyak 17.908 unit.
Ini artinya Mitsubishi Fuso mampu mengkoleksi kenaikan 3,1 persen pangsa pasar di pasar pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Hal ini sekaligus PT KTB memimpin penjualan di segmen kendaraan niaga (gabungan penjualan truk, bus, dan mini truck) di Indonesia.
Sebagai informasi selama selama sembilan bulan pertama 2025 total penjualan ritel mobil secara nasional 585.917 unit, alami penurunan 10,9 persen dibanding periode sama di tahun lalu yang tercatat 657.448 unit. (***)
Reporter : JP GROUP
Editor : GUSTIA BENNY