Buka konten ini
JAKARTA (BP) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan kembali menggelar event tahunan BSI International Expo 2025 pada 26-29 Juni 2025 di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B, Jakarta, dengan mengangkat tema “Engaging Indonesia in the Global Halal Industry” sebagai wadah penguatan literasi dan Islamic Ecosystem di tataran global.
“BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia dan salah satu pemain yang diperhitungkan di kancah global perlu mengambil peran dan langkah aktif untuk penguatan ekosistem industri halal global,” ujar Corporate Secretary BSI Wisnu Sunandar di Jakarta, Rabu (4/6) dikutip dari Antara.
Wisnu mengatakan gelaran BSI International Expo 2025 ditujukan untuk memperkuat positioning dan branding perseroan sebagai leader di ekosistem halal, terutama layanan haji dan umrah, serta sekaligus satu-satunya bank emas (bulion) di Indonesia yang telah ditetapkan Presiden RI pada 26 Februari 2025.
Berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2024, pasar halal global 2025 diperkirakan akan terus tumbuh mencapai 2.597 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau untuk proyeksi industri halal di Indonesia sekitar 249 miliar dolar AS.
“Pertumbuhan tersebut didorong oleh meningkatnya kesadaran terhadap produk sehat, aman, dan etis, serta populasi muslim yang terus bertambah,” ujar Wisnu.
Ia melanjutkan, Indonesia sendiri memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam industri halal global dengan populasi muslim mencapai 87 persen menempati peringkat dua dunia.
Pada tahun 2023, Indonesia menempati posisi ke-3 dalam Global Islamic Economy Index (GIEI), berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy Report (SGIE), hanya di bawah peringkat Malaysia dan Arab Saudi. Indonesia juga berambisi untuk menjadi nomor satu dalam GIEI.
‘’BSI International Expo merupakan salah satu inisiatif BSI untuk memaksimalkan potensi tersebut,” ujar Wisnu.
SVP Marketing Communication BSI, Muhammad Arif Gunawan, mengatakan, bahwa gelaran BSI International Expo 2025 selama hampir satu pekan akan menghadirkan berbagai rangkaian agenda yang menarik dan positif untuk memperkuat ekosistem halal global, salah satunya business matching antara UMKM dalam negeri dengan calon pembeli potensial dari luar negeri.
“Berkaca dari kesuksesan tahun lalu, BSI melihat business matching bisa mempercepat UKM agar dilirik oleh calon pembeli dari mancanegara,” ujar Arif.
Ia melanjutkan, ada penambahan exhibition pada BSI International Expo 2025 menjadi 348 termasuk 50 travel haji umrah, brand fashion, food & beverages, kosmetik, education, dan otomotif.
“Nasabah bisa memperoleh promo menarik untuk transaksi selama ekspo ini, baik membeli rumah, mobil, mendaftar umrah, atau belanja kosmetik dan pakaian,” ujar Arif. (*)
Reporter : JP Group
Editor : Gustia Benny