Buka konten ini
JAKARTA (BP) – Setelah terpukul pandemi, industri pariwisata Indonesia mulai bangkit. Target 1,08 miliar pergerakan wisatawan domestik pada 2025 mencerminkan optimisme yang besar terhadap sektor ini.
Seiring dengan menjamurnya adopsi teknologi di industri pariwisata, travel agent memiliki peluang besar untuk meningkatkan efisiensi operasional melalui sistem pembayaran yang cerdas. Platform invoicing dan pembayaran B2B terbesar di Indonesia, Paper.id, menggelar forum edukasi bersama para travel agent rekanan Garuda Indonesia, untuk memperluas pemanfaatan Paper Horizon Card.
Ini adalah kartu kredit digital khusus, sebagai solusi cerdas pengelolaan pembayaran dan pembiayaan. Acara ini turut memperkenalkan manfaat GarudaMiles sebagai insentif loyalitas bagi travel agent untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis.
CEO dan CoFounder Paper.id, Yosia Sugialam menuturkan, pelaku usaha di sektor travel membutuhkan solusi menyeluruh, bukan sekadar alat transaksi. ”Horizon Card merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung optimalisasi operasional sekaligus membuka peluang ekspansi bagi travel agent,” ujar Yosia Sugialam, Selasa (20/5).
Sebagai pelengkap solusi end-to-end, melalui fitur PaperPay In, travel agent juga dapat menagihkan pembayaran kepada klien dengan lebih fleksibel. Klien dapat memilih dari lebih dari 30 metode pembayaran, termasuk transfer bank, kartu kredit, virtual account, hingga cicilan.
Para peserta yang terdiri dari travel agent, mitra usaha, dan komunitas bisnis diajak mengenal langsung fitur Horizon Card melalui sesi demo real-time. Di sinilah mereka melihat bagaimana solusi pembayaran digital ini bisa terintegrasi dengan insentif loyalitas yang selama ini dikenal eksklusif untuk penumpang, dan kini menjadi fitur bisnis yang strategis.
Direktur Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi mengatakan, kolaborasi Garuda Indonesia dengan Paper.id lewat program GarudaMiles adalah bentuk nyata komitmen maskapai plat merah itu dalam memperkuat ekosistem pariwisata nasional yang berkelanjutan. ”Travel agent sebagai salah satu stakeholders utama kini memiliki peluang menikmati manfaat tambahan dari GarudaMiles, dengan memaksimalkan penggunaan Horizon Card untuk menghadirkan seamless experience transaksi bisnis mereka,” jelas Ade R. Susardi.
Dalam kolaborasinya bersama Paper.id, Garuda Indonesia menghadirkan sebuah pendekatan baru terhadap loyalitas pelanggan, bukan hanya bagi penumpang individu, tetapi juga bagi para pelaku travel agent yang menjadi ujung tombak distribusi layanan penerbangan. Langkah ini menegaskan transformasi Garuda Indonesia ke arah platform layanan yang lebih inklusif, digital, dan adaptif terhadap kebutuhan mitra bisnisnya. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 60 travel agent dari berbagai asosiasi seperti ASTINDO, IATA, dan OTA.(***)
Reporter : JP Group
Editor : gustia benny