Buka konten ini
SURABAYA (BP) – Pelaku industri produk bahan interior optimistis pangsa pasar mereka akan tumbuh tahun ini. Penambahan ragam produk aplikatif dilakukan untuk memberikan penetrasi ke pasar. Jawa Timur menjadi salah satu pangsa pasar potensial yang dilirik produsen.
Vice President Brand Marketing and Corporate Communication TACO Anastasia Tirtabudi menjelaskan, penggunaan komponen bahan interior seperti produk high pressure laminate (HPL) me-ngalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2024, perusahaan ini berhasil mencatat pertumbuhan penjualan hingga double digit.
’’Harapan kami tahun ini masih double digit. Karena itu, kami terus memperkenalkan berbagai kegunaan dari produk komponen kami. Mulai HPL dan panel-panel interior hingga lem,’’ jelasnya di Surabaya, pekan lalu.
Peningkatan penjualan produk itu tidak lepas dari konsumen yang semakin beragam. Dulu, produk itu hanya terbatas pada produsen furnitur. Kini, produk sudah sampai pada end buyer.
Kemudian ditunjang dengan penyediaan produk lain seperti flooring sampai panel dinding. Harapannya, bisa membuat konsumen atau industri konstruksi dan rancang bangun semakin tertarik menggunakan bahan interior yang lebih aplikatif.
’’Kami tahu bahwa tren harus selalu diikuti. Karena itu, diversifikasi produk juga harus diikuti dengan diversifikasi desain. Tahun ini, kami meluncurkan konsep desain yang mungkin menarik,’’ tegasnya.
Saat ini ada 2.000 jaringan retail yang tersebar secara nasional. Dari jumlah tersebut 15 persen atau 300 jaringan retail terkonsentrasi di Jawa Timur. Menyerap sebagian besar produk bahan interior yang diproduksi.
’’Fokus kami memang terus memperkenalkan penggunaan HPL. Karena saat ini pun penggunaan komponen interior hanya berkontribusi 5 persen dari total nilai rumah,’’ jelasnya. (*)
Reporter : JP GROUP
Editor : YUSUF HIDAYAT